Pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Konsumen

Posted: May 4, 2012 in Soft Skills, Task

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, yang dimaksud dengan :

  1. Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.
  2. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
  3. Pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.
  4. Barang adalah setiap benda baik berwujud maupun tidak berwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, dapat dihabiskan maupun tidak dihabiskan, yang dapat untuk diperdagangkan, dipakai, dipergunakan atau dimanfaatkan oleh konsumen.
  5. Jasa adalah setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang disediakan bagi masyarakat untuk dimanfaatkan oleh konsumen.
  6. Promosi adalah kegiatan pengenalan atau penyebarluasan informasi suatu barang dan/atau jasa untuk menarik minat beli konsumen terhadap barang dan/atau jasa yang akan dan sedang diperdagangkan.
  7. Impor barang adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.
  8. Impor jasa adalah kegiatan penyediaan jasa asing untuk digunakan di dalam wilayah Republik Indonesia.
  9. Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat adalah lembaga non-Pemerintah yang terdaftar dan diakui oleh Pemerintah yang mempunyai kegiatan menangani perlindungan konsumen.
  10. Klausula Baku adalah setiap aturan atau ketentuan dan syarat-syarat yang telah dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam suatu dokumen dan/atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen.
  11. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen adalah badan yang bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen.
  12. Badan Perlindungan Konsumen Nasional adalah badan yang dibentuk untuk membantu upaya pengembangan perlindungan konsumen.
  13. Menteri adalah menteri yang ruang lingkup tugas dan tanggung jawabnya meliputi bidang perdagangan.

Dari undang-undang tersebut, jelas bahwa konsumen berhak atas perlindungan hukum agar konsumen tidak dirugikan. Bentuk perlindungan konsumen salah satunya adalah pemberian garansi dari barang/jasa yang telah di beli atau disepakati sebelumnya,

Dalam pelaksanaan undang-undang ini ada lembaga yang bertanggung jawab dalam menangani masalah konsumen yaitu LPK atau Lembaga Perlindungan Konsumen dan YLKI ( Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia) Tugas utama dari kedua elemen ini adalah dapat menindak tegas produsen yang menyalahi dan memberikan sebuah janji kepada konsumen disaat konsumen mendapatkan ketidakpuasan atau kerugian dalam membeli barang atau jasa.

Kasus yang pernah terjadi dalam masalah ini adalah ketika mendekati lebaran, banyak parsel yang dijual tetapi baik makanan atau minumannya ada yang sudah tidak layak konsumsi atau kadaluarsa. Sehingga petugas pengawasan makanan dan minuman perlu diterjunkan untuk melindungi konsumen dari barang tidak layak konsumsi.

Tetapi banyak juga konsumen yang dirugikan oleh para pedagang karena lemahnya pengawasan, contohnya saja pedagang yang menjual jajanan anak-anak SD didepan sekolah. Jajanan yang dijual biasanya tidak higenis, bahan-bahan makanannya pun tidak menjamin kalau layak untuk dimakan.

Memang, kalau begini pada akhirnya konsumen yang selalu dirugikan dari tindakan curang para pedagang “nakal”.

Aparat yang berwenang dalam masalah ini harus lebih tegas dalam menindak praktek curang para pedagang “nakal” demi melindungi konsumen.

http://www.radioprssni.com/prssninew/internallink/legal/uu_8_99perlkonsum.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s