Pesona Barcelona

Posted: May 30, 2011 in Sport

UMPAN-UMPAN pendek satu sentuhan mereka begitu memesona sehingga kami tidak berdaya. Kami pun tidak pernah bisa menjaga Messi. Padahal, banyak orang sudah memperingatkan sebelumnya.” Demikian diutarakan Pelatih Manchester United, Alex Ferguson setelah “Setan Merah” ditundukkan Barcelona 1-3 (1-1) pada final Liga Champions 2010/2011 di Stadion Wembley, London, Minggu (29/5) dini hari WIB.

“Setan Merah” seperti tak berdaya ketika menghadapi permainan umpan pendek rapat yang diperagakan Barca hampir sepanjang pertandingan. Wayne Rooney memang sempat memberikan harapan. Namun, pada babak kedua para pemain United sepertinya sudah menyerah ketika Lionel Messi mencetak gol. Gol Barcelona dicetak Pedro Rodriguez (menit 27), Lionel Messi (54), dan David Villa (69). Gol MU dilesakkan Wayne Rooney (34). Bagi Barca, ini adalah gelar Liga Champions ketiga dalam enam tahun dan keempat secara keseluruhan. Sebelumnya, Barca juara pada musim 1992, 2006, dan 2009. Rekor Barca tersebut menyamai rekor Bayern Munich dan Ajax Amsterdam. Rekor gelar terbanyak dipegang Real Madrid yang juga rival utama Barca dengan sembilan gelar.

Sebaliknya, bagi Pelatih Barca Pep Guardiola, ini adalah gelar kesepuluh, termasuk dua gelar Liga Champions, sejak menukangi Barca selama tiga i;i-hun. Sementara itu, Pelatih MU Alex Ferguson yang menukangi MU selama 25 tahun, baru memberikan tiga gelar Liga Champions.

“Dalam karier saya sebagai manajer, tim ini adalah tim terbaik yang pernah saya hadapi. Saya pikir semua orang tahu itu. Saya bisa menerimanya. Tidaklah mudah jika Anda dikalahkan de-

ngan sangat baik seperti itu. Tak ada yang pernah memberikan pelajaran kepada kami seperti itu,” kata pelatih berumur 69 tahun itu.

Ferguson membandingkan kekalahan kali ini dengan kekalahan 0-4 di Stadion Nou Camp pada 1994. Pascakeka-lahan tersebut, pihaknya membangun kembali tim MU dengan merekrut David Beckham, Nicky Butt, Paul Scholes, dll. Hasilnya, MU meraih treble winner pada 1999, termasuk trofi Liga Champions. “Kami harus membangun kembali tim pada musim panas nanti. Musim depan kami harus berkembang,” kata Ferguson yang bergabung bersama MU sejak tahun 1986.

Dikabarkan, Ferguson akan melakukan overhaul pada lini tengah dengan merekrut Gareth Bale (Tottenham Hotspur), Wesley Sneijder (Inter Milan), Ashley Young (Aston Villa) untuk menggantikan Ryan Giggs yang sudah berumur 37 tahun dan Scholes.

Dominan

Tampil di hadapan sekitar 90.000 penonton, Barca tampil dominan. Dalam sepuluh menit pertama, pertandingan seperti final Liga Champions tahun 2009 di Roma. MU tidak mampu memberi tekanan kepada Barcelona.

Sebaliknya, para pemain Barcelona berhasil memaksa para pemain MU terus berada di dalam wilayahnya, sambil Xavi, Villa, Iniesta, dan Messi berusaha menemukan ruang tembak.

Xavi menjadi kreator gol pertama. Setelah melewati beberapa pemain MU, Xavi melepaskan umpan diagonal kepada Pedro yang berlari dari kanan. Tanpa terkawal, Pedro melepaskan tembakan terukur ke tiang dekat yang tidak mampu ditepis kiper Edwin Van der Sar, 1-0.

Namun, MU dengan cepat mampu merespons gol tersebut. Tujuh menit kemudian, Wayne Rooney menjebol gawang Victor Valdes untuk me-nyamakan kedudukan 1-1 berkat kerja samanya dengan Ryan Giggs. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Barca masih tampil dominan. Messi yang mendapat kawalan ketat Patrice Evra menambah keunggulan Barca 2-1 lewat tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti pada menit ke-54.

Lima belas menit kemudian, giliran striker timnas Spanyol David Villa yang menjebol gawang Van der Sar lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang, 3-1. “Saya pikir kami bermain lebih baik ketimbang dua tahun lalu (saat mengalahkan MU di final Liga Champions 2009),” ucap Pelatih Barca, Pep Gu-ardiola.

Tahun ini, kami memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan final ketimbang di Roma. Kami bisa mempersiapkan diri sehingga bermain sangat bagus. Kami sangat senang dengan kemenangan ini,” tuturnya. (Edi Purwanto/”PR”, dari berbagai sumber)-

http://www.bataviase.co.id/node/692518


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s