Perempuan Spanyol Jadi Pemilik Matahari

Posted: January 5, 2011 in Other

MADRID, KOMPAS.com – Setelah miliaran tahun, Matahari akhirnya punya pemilik. Seorang perempuan Spanyol, Angeles Duran (49 tahun), Jumat (26/11), mengatakan, ia telah mendaftarkan kepemilikannya atas Matahari di notaris setempat. Duran mengatakan kepada harian El Mundo, edisi online, ia melakukan tindakan tersebut September lalu, setelah ia membaca tentang seorang pria Amerika yang telah mendaftarkan dirinya sebagai pemilik Bulan dan sebagian besar planet di Galaksi Bimasakti.

Memang ada kesepakatan internasional yang menyatakan tak ada negara yang bisa mengklaim kepemilikan atas satu planet atau bintang mana pun, tapi kesepakatan itu tak menyebut-nyebut mengenai perorangan, kata Angeles Duran. “Tak ada penghalang, saya mendukung klaim saya secara hukum, saya tidak bodoh, saya tahu hukum. Saya melakukan itu tapi orang lain juga dapat melakukannya, itu cuma berlaku buat saya sebagai yang pertama.”

Dokumen yang dikeluarkan oleh kantor notaris tersebut menyatakan, Angeles Duran sebagai “pemilik Matahari, satu bintang jenis G2, yang berada di pusat Sistem Tata Surya, dan dari Bumi berada dalam jarak sekitar 149.600.000 kilometer.

Angeles Duran, yang tinggal di kota kecil Salvaterra do Mino, mengatakan, ia sekarang ingin memberlakukan biaya buat siapa saja yang menggunakan Matahari dan memberi separuh dari hasilnya kepada pemerintah Spanyol serta 20 persen untuk dana pensiun di negeri itu. “Sudah tiba waktunya untuk mulai melakukan tindakan dengan cara yang benar, jika ada gagasan untuk memperoleh penghasilan dan meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, mengapa kita tak melakukannya?” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s