SEGMENTASI PASAR COCA-COLA

Posted: December 23, 2010 in Dasar Pemasaran

 

Segmentasi Geografis

Segmentasi geografi merupakan pembagian pasar

menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan.

Coca-Cola memasarkan produk minuman dengan merk tertentu hanya dijual di Jepang, yaitu Sokembicha (nonkarbonat, ginseng dan teh), Lactia (milk fermentasi),

Segmentasi psikografi

Segmentasi psikografi mengelompokkan pasar dalam

variable gaya hidup,  nilai dan kepribadian. Gaya hidup ditunjukkan oleh orang-orang menonjol dari pada kelas sosial. Minat terhadap suatu produk dipengaruhi oleh gaya hidup, maka barang yang dibeli oleh orang-orang tersebut untuk menunjukkan gaya hidupnya.

Coca-Cola memiliki variasi jenis yang berbeda. Coca-Cola membuat minuman berjenis Coca-Cola Zero yang diproduksi tanpa gula, sehingga rendah kalori. Minuman jenis ini diperuntukan untuk konsumen dengan gaya hidup sehat.

Segmentasi demografi

Segmentasi demografi adalah pasar dikelompokkan

berdasarkan variabel-variabel pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga,  siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan dan kelas sosial.

Segmentasi Coca-Cola, yaitu remaja, baik untuk jenis kelamin laki-laki maupun perempuan. CocaCola membidik remaja dengan usia 15 – 21 tahun. Iklan Coca-Cola yang berjudul “Cihuahua”, buatan McCann-Erickson Madrid ini memenangkan penghargaan Silver pada Euro Effie 2004.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s