DATA PENJUALAN

Posted: December 23, 2010 in Dasar Pemasaran

Penjualan Mobil April 2009: Retail Turun 10 Persen, Whole Stagnan

Senin, 11 Mei 2009 | 14:57 WIB

Kompas.com/Zulkifli BJ

Total penjualan mobil “whole sale” dari Januari – April 2009 di Indonesia oleh anggota GAIKINDO

Kompas.com/Zulkifli BJ

Total penjualan mobil “retail” dari Januari sampai April 2009 di Indonesia.

Kompas.com/Zulkifli BJ

Pangsa pasar whole sale periode April 2009.

Kompas.com/Zulkifli BJ

Pangsa pasar mobil “retail” periode April 2009

TERKAIT

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan mobil periode April 2009, untuk wholesale atau dari ATPM ke dealer, relatif stabil atau hampir sama dengan bulan sebelumnya, Maret 2009.  April lalu, penjualan dari ATPM ke dealer mencapai 34.611 unit (bisa akan bertambah), sedangkan Maret 2009, totalnya 34.127 unit. Meski naik, tetapi angkat tersebut tidak besar.

Walau begitu, retail, yaitu penjualan berdasarkan faktur, turun sampai 10 persen, yaitu dari 34.451 unit (Maret 2009), menjadi hanya 31,101 unit, April lalu.

Demikian data sementara—tetapi sudah hampir mencapai 99 persen—yang diterima oleh Kompas.com hari ini dari ATPM anggota Gaikindo.

Menurut sumber tersebut, terjadinya penurunan penjualan secara retail atau langsung kepada konsumen pada April lalu karena sebagian produsen menaikkan harga. Di samping itu, juga terjadi penguatan rupiah.

“Akibatnya, konsumen berharap harga mobil turun, dan menunda pembelian,” demikian analisis sumber tersebut.

Ditambahkan, mulai Mei, ATPM berharap penjualan akan membaik. Pasalnya, perusahaan pemberi kredit sudah menurunkan suku bunga kredit.

Data yang diterima Kompas.com hanya menunjukkan data dari ATPM Jepang, yaitu Daihatsu, Honda, Isuzu, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, dan Toyota. Produsen Jepang yang dicantumkan khusus kendaraan komersial adalah Hino dan Nissan UD Diesel.

Produsen non-Jepang adalah Hyundai, Kia, Mercedes Benz, BMW, Audi, VW, Volvo, Peugeot, Renault, Range Rover, Jaguar, Ford, Chevrolet (GM), Proton, dan Chery. Menurut sumber data tersebut, produsen-produsen yang disebutkan terakhir disatukan dalam tabel dan disebut “Others”. Beberapa merek anggota Gaikindo baru mengirimkan data pada minggu kedua setiap bulan. Dari Gaikindo atau asosiasi sendiri, data penjualan, produksi, dan ekspor baru dirilis secara resmi tanggal 20 setiap bulannya.

Whole Sale. Hampir seluruh merek mengalami penurunan penjualan pada periode April. Merek yang mengalami kenaikkan penjualan adalah Honda, Mazda, Suzuki, dan Toyota, plus non-Jepang. Para dealer berusaha memperbanyak stok karena, dengan turunnya suku bunga, diperkirakan permintaan nantinya akan meningkat.

Penurunan terbesar dialami oleh Daihatsu, yaitu 23 persen, dari 7.385 unit menjadi 5.682 unit. Untuk ini, kategori ini, Toyota masih yang terbesar dengan menikmati pangsa pasar 35 persen dan Daihatsu 16,4 persen. Data lengkapnya, lihat grafik “Whole Sale”.

Retail. Untuk retail, dengan penurunan sekitar 10 persen, sebagian besar merek merasakannya. Kalaupun ada merek yang menikmati kenaikkan, hanya Honda (2,4 persen dari bulan sebelumnya) dan Mazda (35,6 persen). Kenaikan besar Mazda karena penjualannya dalam ratusan unit.

Selanjutnya, di retail, Toyota masih yang terbesar, 38,5 persen, diikuti Daihatsu 15,7 persen. Penurunan terbesar dialami oleh Daihatsu, 5.970 unit menjadi 4.888 unit atau 18,1 persen.

Tahun Lalu. Total penjualan whole sale periode 4 bulan pertama 2009 telah mencapai 134.995 unit atau turun sekitar 28 persen dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya (2008). Pada tahun lalu, pada periode yang sama, semua anggota Gaikindo berhasil menjual 187.243 unit.

Untuk retail, ada penurunan 26 persen dibandingkan dari tahun sebelumnya, yaitu dari 185.675 unit menjadi 137.737 unit.

Whole sale

2009 %
Maret April Total 2008 (+/-)
Daihatsu 7.385 5.682 23.970 22.012 109%
Honda 2.597 2.814 9.803 16.717 59%
Isuzu 1.332 1.206 5.006 8.115 62%
Mazda 87 110 281 756 37%
Mitsubishi 5.116 4.603 18.169 27.955 65%
Nissan 1.383 1.468 5.952 9.836 61%
Suzuki 2.435 3.723 13.426 24.806 54%
Toyota 11.162 12.105 47.797 62.948 76%
Others 2.630 2.900 10.591 14.098 75%
Total 34.127 34.611 134.995 187.243 72%

Retail

2009 %
Maret April Total 2008 (+/-)
Daihatsu 5.970 4.888 20.976 21.090 99%
Honda 2.377 2.435 10.036 16.468 61%
Isuzu 1.086 1.009 4.171 8.117 51%
Mazda 133 148 521 751 69%
Mitsubishi 4.304 3.764 18.656 27.504 68%
Nissan 1.450 1.421 6.360 9.716 65%
Suzuki 3.397 2.984 14.502 25.372 57%
Toyota 13.430 11.983 52.803 63.129 84%
Others 2.304 2.469 9.712 13.528 72%
Total 34.451 31.101 137.737 185.675 74%

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2009/05/11/14573332/Penjualan.Mobil.April.2009:.Retail.Turun.10.Persen..Whole.Stagnan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s