PERILAKU PASAR KONSUMEN

Posted: December 3, 2010 in Dasar Pemasaran

Informasi Statistik.

Informasi statistik adalah informasi yang digunakan untuk membantu menjawab siapa, apa, berapa, kapan dan dimana pembelian dilakukan.

1)   Apa produk yang di beli ?

Jawab: Kacamata

2)   Siapa yang membeli produk ini ?

Jawab: Saya sendiri

3)   Berapa harga barang tersebut ?

Jawab: Rp 600.000

4)   Kapan produk ini dibeli ?

Jawab: 30 Agustus 2009

5)   Di mana anda membeli produk tersebut ?

Jawab: Optik kacamata

Informasi Psikolojik

Informasi psikolojik mampu menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Meliputi peranan motivasi, persepsi, pemahaman, sika, kepercayaan, dan kepribadian seseorang yang mendasari tindakan pengambilan keputusan atau tindakan melakukan kegiatan tertentu (membeli atau tidak membeli).

Jawab  : Saya membeli kacamata tersebut untuk membantu dalam hal penglihatan, karena mata saya mengalami gangguan dalam hal penglihatan. Dengan adanya kacamata saya dapat melihat lebih jelas terutama pada saat mencatat pelajaran yang telah ditulis dipapan tulis.

Informasi Dinamika

Informasi dinamik mampu menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi. Proses pembelian merupakan proses individu untuk mengatasi persoalan yang dihadapi konsumen dalam usaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Model proses pembelian mendasarkan pada model pengambilan keputusan (decision making process) atau model pemecahan masalah ( problem solving process)

Jawab  : Tahap pertama adalah periksa mata terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar kerusakan mata yang kita alami. Tahap kedua adalah memberikan resep untuk kacamata kita kepada optik kacamata setelah dokter mata menetapkan jenis lensa yang cocok digunakan.

Tahap ketiga adalah memilih model kacamata yang paling sesuai dengan bentuk wajah kita. Karena berbagai frame kacamata dibuat untuk berbagai jenis bentuk wajah. Tinggal bagaimana kita memilih frame kacamata yang paling sesuai dengan bentuk wajah kita. Tahap terakhir adalah melakukan pembayaran jika telah menetapkan jenis frame yang kita inginkan. Setelah itu tunggu 2 sampai 3 hari menunggu proses pembuatan dan pemasangan lensa. Setelah sampai pada waktunya, kacamata sudah bisa digunakan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s