ANALISIS PROSES PEMBELIAN

Posted: December 3, 2010 in Dasar Pemasaran

Manusia tak pernah lepas dari kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kebutuhan setiap manusia beragam dan berbeda-beda. Oleh karena itu di Indonesia tersedia bermacam-macam produk yang ditawarkan. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Banyaknya jenis produk yang ditawarkan, membuat pembeli memiliki banyak pilihan.

Pada pembahasan ini saya hanya akan membahas satu jenis produk yang akan saya bahas. Contohnya saja pembelian “Kartu Perdana Handphone atau Kartu Cellular”. Handphone dan kartu cellular sudah menjadi satu kesatuan yang utuh. Meledaknya penjualan handphone di Indonesia membuat munculnya banyak jenis kartu perdana handphone. Hal ini tentu saja memusingkan konsumen dalam memilihnya. Di televisi, perang iklan antara kartu cellular yang satu dan yang lainnya telah marak. Tetapi yang pasti, antara kartu cellular yang satu dan yang lainnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ada jenis kartu yang murah untuk telpon tetapi mahal untuk sms, ada juga yang murah untuk sms tetapi mahal untuk telpon, dan ada juga yang murah untuk telpon dan sms tetapi hanya untuk ke sesama operator. Intinya, apapun yang kita pilih harus disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Bagi yang senang sms daripada nelpon, lebih baik memilih jenis kartu cellular yang murah untuk sms dan sebaliknya. Semua tergantung apa yang kita butuhkan.

Setelah saya coba salah satu jenis kartu cellular, ternyata apa yang disampaikan di iklan dengan kenyataan tidaklah bohong hanya saja memiliki syarat tertentu yang tidak disampaikan di iklannya. Contohnya saja kartu perdana “X”, kartu cellular jenis ini menyampaikan informasi bahwa “anda akan mendapatkan tarif murah untuk menelpon ke semua operator”, begitu yang ia sampaikan pada iklannya. Memang benar kartu cellular jenis ini menekan tarif murah dalam menelpon, tetapi pada waktu-waktu tertentu saja. Kartu cellular jenis “X” ini hanya murah pada saat pukul 00.00 – 06.00 saja, selebihnya tetap mahal.

Saya sendiri memilih jenis karu cellular yang memiliki kelebihan dalam sms (murah dalam sms). Karena saya rasa sms lebih praktis dan jelas dalam menyampaikan informasi kepada orang lain. Sudah saya coba bermacam-macam jenis hartu cellular untuk membandingkan yang mana yang lebih murah antara kartu cellular yang satu dan yang lainnya. Tetapi saya rasa, inilah jenis kartu yang paling tepat menurut saya.

Jadi menurut saya apapun kartu cellular yang dipilih semuanya sama saja, dan perbedaan tarif antara kartu cellular yang satu dan yang lainnya tak berbeda jauh. Jika anda memilih kartu cellular yang memiliki tarif murah, mungkin sinyalnya kurang bagus, tetapi jika anda memilih kartu yang memiliki tarif sms dan telpon yang sedikit mahal, pasti sinyalnya bagus dan tidak akan putus-putus saat sedang komunikasi. Yang pasti, setiap kekurangan yang dimiliki setiap produk tidak akan disampaikan pada iklannya. Pada akhirnya, konsumenlah yang harus membuktikannya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s