Suatu Karya Tulis Merupakan Proses Bernalar Penulisnya

Posted: July 3, 2012 in Other

Penalaran adalah suatu proses berpikir yang berasal dari pengamatan indera yang kemudian menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Seperti yang kita ketahui bahwa suatu karya tulis merupakan hasil dari proses bernalar yang kemudian dituangkan kedalam bentuk tulisan. Jika kita telusuri maka kita akan menemukan bahwa hampir di semua karya tulis merupakan hasil pembelajaran, imajinasi, maupun pengalaman penulisnya. ini membuktikan bahwa penulis melakukan proses penalaran sebelum menghasilkan karya tulisnya.

Ekspresi diri adalah salah satu alasan utama mengapa seseorang menciptakan karya tulis, sehingga kita dapat mengetahui kepribadian dan minat sesorang dari karya tulisnya. Seperti ketika kita membaca suatu karya tulis mengenai tren busana misalnya, dari sana kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa orang yang menyebarkan informasi mengenai tren busana tersebut merupakan seorang yang hobi atau menyenagi dunia busana.

Namun di era global seperti sekarang ini kita tidak harus melakukan proses bernalar untuk menciptakan suatu karya tulis, Yahoo! news misalnya yang hampir semua berita didalamnya merupakan copy berita dari situs lain. Dan ini merupakan hal yang dianggap legal, asalkan mencantumkan dari mana berita tersebut berasal.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s