PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA

Posted: March 27, 2012 in Soft Skills, Task

Indonesia merupakan Negara Hukum, setiap warga Indonesia wajib mematuhi peraturan hukum yang telah dibuat. Negara Hukum bersandar pada keyakinan bahwa kekuasaan negara harus dijalankan atas dasar hukum yang adil dan baik.

Hukum menjadi landasan tindakan setiap negara. Seperti yang dimuat Wikipedia.org, ada empat alasan mengapa negara menyelenggarakan dan menjalankan tugasnya berdasarkan hukum

  1. Demi kepastian hukum
  2. Tuntutan perlakuan yang sama
  3. Legitimasi demokrasi
  4. Tuntutan akal budi

Faktor-faktor Penegakan Hukum di Indonesia

Pokok penegakan hukum sebenarnya terletak pada faktor-faktor yang mungkin mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut mempunyai arti yang netral, sehingga dampak positif atau negatifnya terletak pada isi faktor-faktor tersebut.

Faktor-faktor tersebut adalah, sebagai berikut:

1. Faktor hukumnya sendiri, dalam hal ini dibatasi pada undang-undang saja.

2. Faktor penegak hukum, yakni pihak-pihak yang membentuk maupun menerapkan hukum.

3. Faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum.

4. Faktor masyarakat, yakni lingkungan dimana hukum tersebut berlaku atau diterapkan.

5. Faktor kebudayaan, yakni sebagai hasil karya, cipta, dan rasa yang didasarkan pada karsa manusia di dalam pergaulan hidup. (kompasiana.com)

Lalu, bagaimanakah penegakan hukum di Indonesia?

Menurut analisa saya, penegakan hukum di Indonesia masih lemah, terbukti dari banyaknya kasus yang masih “menggantung” dan belum menemui titik temu. Lemahnya penegakan hukum yang berakibat pada merajalelanya kemungkaranlah yang membuat mereka tergerak untuk beraksi. Mereka akan senantiasa melancarkan aksi mereka selama masih merajalelanya kemungkaran di sekitar mereka dan hukum belum benar-benar ditegakkan dan membuat jera pelaku kemungkaran.

Kasus yang paling sering kita lihat di media massa adalah praktek KKN, yang semakin menjamur dan tumbuh subur di Indonesia. Banyaknya praktek KKN adalah bukti bahwa masih lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Pernah saya mendengar bahwa “hukum di Indonesia bisa dibeli, lalu mengapa kita harus takut pada hukum selagi kita masih punya uang?” Tetapi memang itulah ungkapan yang tepat dari gambaran hukum di Indonesia.

Pada kenyataannya, pelanggar hukum di negeri ini bukan hanya masyarakat, tetapi pihak-pihak berwajib yang seharusnya mentaati dan menegakkan hukum pun ikut serta dalam meramaikan praktek KKN di Indonesia.

Aksi demo besar-besaran yang belakangan ini sering terjadi sebagian dikarenakan faktor ketidak adilan hukum di negeri ini. Aksi demikian merupakan akibat dari ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintah dalam menegakkan hukum.

Menurut saya, penyebab lemahnya penegakkan hukum di Indonesia disebabkan karena krisis moralitas tokoh-tokoh elit negri ini yang masih mementingkan kepentingan pribadi daripada memikirkan masa depan negeri ini. Jika para petinggi negeri ini saja sudah berani melanggar hukum, bagaimana dengan rakyatnya? Bukan hal yang aneh jika sangat banyak pelanggar hokum di Indonesia yang bisa bebas tanpa harus menindaklanjuti kasusnya.

Masih banyak lagi potret buram penegakkan hukum di Indonesia yang lainnya. Kita sebagai warga Negara yang mengharapkan keadilan hukum bisa terwujud di negri ini, sudah seharusnya mentaati peraturan yang telah dibuat, dan menghindari ataupun menolak semua hal yang berkaitan dengan pelanggaran hokum demi terciptanya keadilan hukum di Indonesia.

Kesimpulan :
Lemahnya perlindungan hukum terhadap masyarakat, kurangnya konsistensi dalam penegakan hukum, rendahnya kontrol terhadap penegakan hokum merupakan penyebab kemerosotan penegakkan hukum di Indonesia.

Pesan :

Masyarakat yang sehat dituntut untuk selalu menyediakan “bahan bakar” keadilan yaitu kejujuran dan keberanian agar perjalanan masyarakat dan negara tidak menyimpang dari tujuan bersama. Utamakan kepentingan bersama demi masa depan negeri ini.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s