LINGKUNGAN EKSTERNAL MAKRO (TEKNOLOGI)

Posted: December 23, 2010 in Dasar Pemasaran

Lingkungan Eksternal

lingkungan eksternal kegiatan pemasaran adalah pengaruh – pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pemasar. Pengaruh – pengaruh tersebut akan memaksa pemasara untuk menyesuaikan arah dan strateginya agar tetap survive di lingkungannya.

Situasi yang terjadi pada lingkungan luar ini dapat memberikan peluang maupun ancaman yang dapat dimanfaatkan atau diatasi oleh pemasar. Akan tetapi seberapa luas peluan maupun hambatan pemasaran tergantung dari kemampuan pemasar untuk melihatnya.

Lingkungan eksternal dibagi menjadi dua jenis yakni lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro.

a. Lingkungan Eksternal Mikro:

Lingkungan eksternal yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran adalah lingkungan eksternal mikro. Lingkungan luar mikro meliputi pelaku – pelaku yang aktif berperan dalam proses kegiatan pemasaran. Mesipun keberadaannya di luar, tetapi pemasar masih dapat mempengaruhi kegiatan – kegiatan mereka. Lingkungan luar mikro meliputi :

-Pemasok
-Pesaing
-Perantara
-Pasar

b. Lingkungan Eksternal Makro

Lingkungan eksternal makro terdiri atas :

- Demografi
– Ekonomi
– Hokum dan poilitik
– Teknologi
– Alam
– Sosial dan budaya

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba menerangkan satu dari enam macam lingkungan eksternal makro, yaitu mengenai “Teknologi”

1. Analisis

Teknologi sangat mempengaruhi perusahaan saat ini, karena teknologi sebagai salah satu faktor pendorong kemajuan suatu perusahaan. Menurut pandangan saya, hal ini dikarenakan teknologi memiliki peran sebagai langkah awal lahirnya budaya modern khususnya di Indonesia, sehingga pemasaran suatu produk akan jauh lebih mudah dan praktis.

Dimasa yang akan datang suatu perusahaan akan semakin berkembang pesat, hal ini  dikarenakan perkembangan teknologi yang makin lama makin canggih dari tahun ke tahun. Dalam kondisi seperti ini, masyarakat akan memiliki kemampuan dalam menerapkan penggunaan teknologi karena perkembangan zaman yang memaksanya. Kemampuan masyarakat dalam mengoperasikan teknologi akan mampu mendongkrak suatu perusahaan, karena suatu perusahaan akan menjadi lebih baik jika factor Sumber Daya Manusia (SDM)nya juga mendukung.

2. Diagnosa

Teknologi saat ini dengan yang akan datang akan ada disparitas atau perbedaan dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi saat ini akan terus meningkat hingga dimasa yang akan datang.

Perubahan strategi perlu dilakukan agar dapat menyesuaikan perubahan lingkungan agar masyarakat memiliki kemampuan dalam menyesuaikan teknologi, dan dapat menyesuaikan gerak perubahan lingkungan dalam bidang teknologi.

Perlu dilakukan upaya khusus untuk mengurangi disparitas strategi yang terjadi dalam perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang. Contohnya saja, pada zaman pra modern perusahaan biasanya masih menggunakan jasa salesman untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau produk, tetapi pada era modern kali ini strategi itu perlahan telah mulai ditinggalkan karena telah lahir teknologi baru yang bernama “Internet”, sehingga pemasangan iklan dan promosi bisa dilakukan dalam dunia maya yang lebih mudah, praktis, dan lebih efisien waktu. Tetapi masyarakat juga perlu diberikan andil dalam menerapkan teknologi dalam kehidupannya, khususnya masyarakat pedesaan. Perkembangan teknologi yang diterapkan dalam bidang kesehatan, transportasi, pendidikan, dan komunikasi, sangat membantu dan dapat memberi warna baru dalam kehidupan masyarakat pedesaan serta mewujudkan masyarakat yang modern.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s